Jumat, 28 Maret 2008

CONECTION

Saya hari ini (28/03/08) dalam keadaan yang sangat malas untuk beraktifitas dan lebih memilih untuk menonton TV. Saya memilih sebuah acara di METRO TV yang berjudul “2020”. Saya tahu acara ini, tapi ada sesuatu yang beda dari acara ini. Sepertinya konsepnya berbeda dengan apa yang saya pernah lihat. Dengan tema “CONECTION”, konsep acara ini pada hari ini adalah berusaha menghubungkan satu orang (A) dengan orang lain (B) yang bahkan mereka belum pernah saling bertemu sebelumnya dan tidak mengetahui informasi apapun tentang orang tersebut.
Awalnya A (Ibu rumah tangga) melihat B (petinju) hanya dari foto yang ditunjukkan oleh si pembawa acara. Ini mengenai bagaimana caranya mereka bisa saling bertemu padahal mereka tidak saling kenal. A kemudian menghubungi A1 yang tidak lain merupakan temannya. A1 mengenalkan A kepada A2 yang mengerti dunia tinju.. A2 mengenalkan A kepada A3 (seorang supplier barang mewah) yang mengenal A4 (pria 80an tahun yang merupakan seorang juara tinju pada masanya). Dengan mengenal A4, A akhirnya bisa bertemu dan mengenal B. Pertemuan A dan B diisi dengan saling bertukar kado, bercerita tentang kehidupan masing-masing dimana mereka adalah sama sama anak yatim. B menyambut A dengan sangat ramah.
Tantangan selanjutnya adalah, B ditantang balik. Tantangannya adalah, B harus dapat menemui C (seorang penari Broadway yang terkenal). Sama seperti diatas, B tidak pernah mengenal dan bertemu dengan C dan hanya mengetahuinya dari foto yang diperlihatkan oleh pembawa acara. B kemudian menghubungi B1 (seorang pemilik label parfum terkenal) yang merupakan kakak asuhnya sewaktu kecil. B1 mengenalkan B kepada B2 (seorang pemilik perusahaan majalah). B2 mengenalkan B dengan B3 (seorang pramusaji wanita). B3 mengenalkan B kepada B4 yang merupakan teman dekat C. Akhirnya, dengan mengenal B4, B dapat bertemu dan mengenal C. Pertemuan ini diisi dengan pemberian DVD dari B kepada C. Selain itu, C juga mengajari B sedikit gerakan tari Broadway. Keramahan yang diberikan C kepada B sama baiknya dengan keramahan yang diberikan B kepada A.
Apa yang bisa kita ambil dari cerita diatas adalah, bahwa ada kalanya istilah ”dunia itu sempit” benar. Pernahkah kita membayangkan bahwa seseorang diluar sana yang mungkin adalah orang terkenal dapat pula menjadi teman kita karena kita memiliki koneksi. Bayangkan bagaimana A yang hanya ibu rumah tangga dapat menjadi teman bagi B yang merupakan petinju. Bagaimana B yang seorang petinju dapat menjadi teman bagi C yang merupakan penari Broadway yang terkenal. Bagaimana A bisa mengenal orang-orang terkenal dalam tahapan mencari B. Begitu juga dengan B pada tahapan mencari C.
Selain itu, first impression sangatlah penting bagi seseorang yang baru kita kenal. Contohnya sewaktu B meminta bantuan B3 (pramusaji wanita) yang pada saat itu sedang dalam shift kerja. B berkata kepada B3, ”Bisakah anda mengenalkan saya kepada seseorang yang mengenal C? Ini foto C, dia sangat cantik seperti anda.”. Cara yang diambil B sangatlah luar biasa. Dia memuji B3 secara tidak langsung untuk mengambil hatinya dan alhasil B3 dengan senang hati meninggalkan shift kerjanya untuk membantu B menemui kenalannya.
Itu merupakan first impression yang bisa kita lakukan jika posisi kita sebagai B. Berusahalah menarik hati seseorang dengan cara-cara yang membuat seseorang senang. Dengan cara itu, kehadiran kita yang mungkin pada awalnya merupakan gangguan bagi dia dapat berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan.
Kemudian bagaimana jika posisi kita sebagai C? Kita juga jangan sombong apabila posisi kita sebagai orang yang dibutuhkan ataupun dicari. Kita harus dapat mengahargai orang yang berjuang dan berusaha menemui kita. Contohnya sewaktu C menerima 2 DVD film dari B. Dengan memasang muka bahagia C berkata, ” Luar biasa, ini adalah film yang sangat bagus dan merupakan film favoritku.”. Kalau kita pikirkan, tidaklah mungkin B yang sama sekali tidak mengenal C dan tidak tau apa-apa tentang C bisa memberikan DVD yang sangat disukai oleh C. Ini pasti cara C membuat B merasa dihargai kerja kerasnya. Ada kalanya kita ”mendramatisir” keadaan untuk membuat orang ikut bahagia dan merasa dihargai. Dengan menunjukkan rasa senang akan sesuatu yang diberikan oleh orang lain (dalam taraf wajar tentunya), kita telah menciptakan first impression yang baik kepada orang lain baik orang yang baru kita kenal maupun our old pal. Dengan demikian, pembentukan ”CONECTION” ke tahap selanjutnya akan menjadi sangat mudah.
Saya mulai berfikir, besar kemungkinan saya bisa mengenal seorang CEO yang bisa memberikan saya posisi di perusahaannya kelak. Mungkin dengan cara mengenal anda dan mulai membentuk ”CONECTION” dan memberikan first impression yang baik...