Senin, 15 Juni 2009

DISSAPOINTED IS NOT INCLUDED


Beberapa saat yang lalu saya mendatangi sebuah supermarket untuk membeli lampu. Awalnya saya berniat untuk membeli lampu bermerek “PHILIPS”, namun di dalam supermarket tersebut saya melihat sebuah lampu yang merk nya belum pernah saya ketahui sebelumnya. Lampu tersebut ber-merk “BESS”. Meskipun dengan harga yang relatif mahal dibandingkan dengan lampu sejenis yaitu IDR 31.800, saya memutuskan untuk membeli lampu tersebut. Terdapat beberapa alasan yang mendasari saya untuk membeli lampu tersebut antara lain :
1. Bergaransi satu tahun
2. Hemat energi sampai dengan 80%
3. Umur lampu 6000 jam
4. SNI dan sesuai standard IEC 968
Diantara beberapa alasan tersebut, alasan pertama merupakan alasan yang paling mendukung saya untuk membeli lampu tersebut dimana lampu akan diganti dengan yang baru jika pada masa pemakaian dibawah satu tahun terdapat kerusakan pada lampu. Ternyata sebelum genap satu tahun, lampu tersebut mati total. Sesuai dengan garansi, maka saya memutuskan untuk mengganti dengan lampu yang baru. Benar, pihak supermarket memberikan penggantian dengan lampu yang baru. Namun mereka mengatakan bahwa penggantian lampu hanya berlaku sebanyak satu kali. Sayangnya, setelah dua bulan pemakaian, lampu tersebut kembali bermasalah. Saya pun berniat kembali mengganti lampu dengan dasar bahwa pada penggantian yang pertama, pihak supermarket tidak melakukan pencatatan penggantian lampu. Sedikit berbohong memang, saya mengatakan pada petugas supermarket tersebut bahwa kali ini adalah klaim saya yang pertama. Alhasil, lampu pun diganti dengan yang baru namun kali ini disertai dengan bukti penggantian lampu dimana jika lampu kembali bermasalah maka pihak supemarket tidak akan bertanggung jawab lagi. Bisa disimpulkan bahwa dalam waktu kurang dari satu tahun, saya sudah menggunakan tiga buah lampu. Meskipun dengan satu kali membayar saja, saya tetap saja merasa rugi. Mungkin dua bulan lagi lampu tersebut bermasalah lagi dan saya sudah tidak bisa lagi mengklaim ke pihak supermarket. Mungkin jika dari awal saya membeli lampu merk PHILIPS, kekecewaan saya tidak akan terjadi. Padahal dengan harga yang lebih mahal, apa yang saya dapatkan hanya kekecewaan...dan tidak digaransi...