Minggu, 07 Juni 2009

IKLAN DAN IKLAN



Untuk menjual sebuah produk, anda akan mendapatkan pasar jika apa yang anda jual sesuai dengan keinginan mayoritas konsumen. Namun, pada dasarnya sebuah produk tidak hanya diproduksi oleh satu produsen saja. Sebagai contoh, produk minyak makan tidak hanya bermerk X saja. Masih ada produk minyak makan dengan merk Y, Z dan yang lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan iklan untuk memunculkan daya jual produk anda dan kekuatannya dalam persaingan dagang. Inilah yang dikatakan dengan Power of Advertisement. Sekarang ini, pihak-pihak jasa pembuatan iklan sangat kreatif dan sangat terampil dalam mengemas iklan sebuah produk. Namun keberadaan iklan terkadang memunculkan dilema tersendiri. The power of advertisement sepertinya sudah melewati batas wajarnya. Untuk beberapa produk tertentu, iklan dijadikan sebagai media kebohongan atas kualitas sesungguhnya dari sebuah produk. Beberapa produk dengan iklan yang wah kerap kali tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan produk yang tidak diiklankan terkadang memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Mungkin inilah salah satu kesalahan iklan. Namun ini merupakan permasalahan yang sangat psikologis. Ternyata iklan dapat membodohi konsumen.